DSpace Repository

PERILAKU BIROKRAT DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA BADAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KOTA PAREPARE)

Show simple item record

dc.contributor.author Juharni
dc.contributor.author Sulfianna
dc.date.accessioned 2024-05-17T02:13:57Z
dc.date.available 2024-05-17T02:13:57Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10160
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik Individu dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik pada Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengacu pada konsep perilaku birokrasi Miftha Thoha yang membagi perilaku dalam dua dimensi yakni karakteristik individu yang indikatornya memuat kemampuan, kebutuhan, kepercayaan, pengalaman, dan pengharapan serta karakteristik birokrasi yang indikatornya memuat hierarki, tugas-tugas, wewenang, tanggungjawab, sistem reward dan sistemkontrol. Berdasarkan hasil analisis terhadap perilaku birokrasi pada Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh pihak penyelenggara cukup baik kemudian dari segi karakteristik individu dan karakteristik birokrasi juga sudah cukup baik. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya baik secara langsung maupun tidak langsung. Para pelayanan publik baik dari jabatan struktural yang paling tertinggi sampai paling bawah bahkan sampai staff loket pelayanan pun memiliki tanggungjawab yang besar terhadap publik, dan tentunya sikap dan perilaku mereka kepada publik juga merupakan penentu keberhasilan mereka kepada masyarakat sebagai konsumen pelayanan. Reformasi perilaku birokrasi terus dilakukan terutama dalam menanggulangi perilaku pelayanan yang prosedurnya sangat rumit, cenderung berbelitbelit, tidak adanya kepastian waktu yang konsisten serta pemungutan biaya liar yang tidak sesuai en_US
dc.publisher JOURNAL OF PUBLIC ADMISTRATION en_US
dc.subject Behavior en_US
dc.subject Bureaucracy en_US
dc.subject Public Services en_US
dc.title PERILAKU BIROKRAT DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA BADAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KOTA PAREPARE) en_US
dc.title.alternative Behavior Of Bureaucrats In Public Services (Case Study On The Integrated Licensing And Investment Board Of The City Of Parepare) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account