| dc.contributor.author | ARIFUDDIN, ERAWATI ERNI | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-06T02:11:13Z | |
| dc.date.available | 2023-01-06T02:11:13Z | |
| dc.date.issued | 2019 | |
| dc.identifier.other | 4617106001 | |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3721 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pada SD Inpres Laikang Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makassar (3) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makasssar. Jenis Penelitian adalah eksperimen dengan rancangan the pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Laikang Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas III yang berjumlah 81 Peserta Didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 41 Peserta Didik kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 40 Peserta Didik di kelas III-B. sebagai kelas kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogenitas selanjutnya diuji dengan uji hipotesis yang menggunakan uji dependent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pada SD Inpres Laikang Kota Makassar, (2) hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makassar (3) terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makasssar dengan adanya perubahan nilai hasil belajar IPS Peserta Didik yang signifikan. | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
| dc.subject | Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
| dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES LAIKANG KOTA MAKASSAR | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |